Ini Perbuatan Yang Dapat Mematikan Hati!


Rasulullah saww bersabda “sesungguhnya dengan tidak banyak mengingat Allah hati menjadi keras.”

Dalam ajaran Islam, kebersihan bukan hanya terbatas pada badan dan luarnya saja, akan tetapi kebersihan hati dan ruh juga harus dijaga, dan mungkin menjaga kebersihan hati dan ruh lebih penting dari yang pertama, sebagaimana dalam banyak riwayat dari Imam Makshum as menyebutkan masalah ini.

Amirul Mukminin Imam Ali as bersabda “ketahuilah bahwasanya penderitaan karena musibah jauh lebih buruk dari pada penderitaan karena sakitnya anggota badan, dan hati yang sakit lebih buruk dari pada anggota tubuh yang sakit, dan ketahuilah bahwasanya salah satu kenikmatan ialah banyak harta, dan lebih baik dari banyak harta ialah kesehatan, dan lebih baik dari kesehatan ialah hati yang sehat.”

Dalam hadits lainnya Imam Ali as juga bersabda “waspadailah bahwasanya salah satu keselamatan ialah selamatnya hati”, beliau as juga berkata “takwa kepada Allah swt adalah penawar untuk mengobati penyakit jasmani kalian.”

Dan di antara penyakit-penyakit hati ialah hati yang keras, buta mata hatinya dan lain sebagianya. Allah swt dalam surat Al-Maidah ayat 13 mengatakan “(Tetapi) karena mereka melanggar janjinya, Kami kutuki mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu.”

Rasulullah saww bersabda “sesungguhnya dengan tidak banyak mengingat Allah hati menjadi keras.”
Dalam Al-Qur’an dan riwayat banyak disebutkan tentang perkara dan amalan-amalan yang dapat menghidupkan hati, di antaranya ialah membaca Al-Qur’an, banyak mengingat Allah, banyak mengingat kematian, banyak bertafakur, bergaul dengan orang-orang yang memiliki keutamaan dan berakal, membahas tentang ilmu, menyayangi anak-anak yatim, takwa dan menjauhkan diri dari cinta kepada selain Allah swt.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Selasa, 29 November 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Ini Perbuatan Yang Dapat Mematikan Hati!. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/11/ini-perbuatan-yang-dapat-mematikan-hati.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS