Mengapa Sayyidah Zahra Diberi Nama Fatimah? Berikut Ulasannya


Dalam rangka memperingat hari kelahiran Sayyidah Fatimah Zahra as pada tanggal 20 Jumadis Tsaniah yang bertepatan dengan hari Jumat kemarin, Hujjatul Islam wal Muslimin Kazhim Zhiddiqi mengupas rahasia mengapa beliau diberi nama Fatimah.

Berikut ringkasan uraian yang telah disampaikan oleh Hujjatul Islam Shiddiqi dalam acara ini:

Para sahabat pernah bertanya kepada Imam Ja’far Shadiq as mengapa Sayyidah Zahra diberi nama Fatimah. Dalam menjawab pertanyaan ini, beliau menekankan tiga alasan utama:
Pertama, karena para pecinta beliau terbebaskan dari api neraka.
Kedua, karena Sayyidah Zahra terputus dari segala bentuk keburukan.
Ketiga, karena akal manusia tidak akan pernah mengenal jati diri kepribadian beliau.

Dalam al-Quran, kita memiliki delapan belas ayat dalam surat Al-Insan berkenaan dengan Sayyidah Zahra as. Zamakhsyari salah seorang ahli tafsir Ahli Sunnah juga mengakui hal ini. Sayyidah Fatimah adalah manifestai sifat dan nama Ilahi.

Untuk itu, seluruh kehidupan Sayyidah Zahra as adalah cerminan Ilahi.

Ketika alam Mahsyar hendak ditegakkan dan Sayyidah Zahra hendak memasuki alam ini, seluruh manusia termasuk para nabi diperintahkan supaya menundukkan kepala. Ini bukan masalah muhrim dan nonmuhrim. Tetapi semua itu lantaran beliau adalah faidh Ilahi pertama.

(Shabestan/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Senin, 21 Desember 2015

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Mengapa Sayyidah Zahra Diberi Nama Fatimah? Berikut Ulasannya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2015/12/mengapa-sayyidah-zahra-diberi-nama.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS