Analis: Tahun 1953 Kudeta di Iran Adalah Pusat Untuk Imperialisme Baru


Kudeta dari tanggal 28 Mordad di Iran tetap pusat untuk imperialisme baru. Itu wajar bahwa kedutaan besar AS di Teheran menjadi "sarang mata-mata", seperti yang telah dijuluki sejak saat itu, 'kontrol misi pusat' untuk semua kegiatan spionase AS di dunia Muslim.

Kanada Eric Walberg dikenal di seluruh dunia sebagai wartawan yang mengkhususkan diri di Timur Tengah, Asia Tengah dan Rusia. Lulusan University of Toronto dan Cambridge di bidang ekonomi, ia telah menulis di hubungan Timur-Barat sejak 1980-an.

Dia telah tinggal di kedua Uni Soviet dan Rusia, dan kemudian Uzbekistan, sebagai penasihat PBB, penulis, penerjemah dan dosen. Saat seorang penulis untuk koran Kairo terpenting, Al Ahram, ia juga seorang kontributor tetap untuk Counterpunch, Pembangkang Voice, Global Research, Al-Jazeerah dan Turki Weekly, dan seorang komentator di Voice of Cape radio. Berikut ini adalah wawancara Mr Walberg dengan bagian Inggris Khamenei.ir .


Apa yang membuat AS mengatur kudeta dari tanggal 28 Mordad di Iran (19 Agustus 1953)?

Hal ini penting untuk mengikuti acara di kawasan yang kudeta tahun 1953 di Iran adalah bagian dari. Imperialisme telah melalui tiga tahap yang berbeda karena istilah "Permainan Besar" diciptakan pada abad kesembilan belas untuk menggambarkan persaingan antara kekuatan imperialis, di tempat pertama, Rusia dan Inggris. Strategi kekaisaran itu sederhana itu, tapi unsur-unsur dasar berada di tempat.

Inggris mengirim mata-mata yang menyamar sebagai surveyor dan pedagang untuk Afghanistan dan Turkestan dan, beberapa kali, tentara untuk menjaga Rusia di teluk. Perang Anglo-Afghan naas dari 1839-1842 diendapkan oleh kekhawatiran bahwa Rusia melanggar batas kepentingan Inggris di India setelah Rusia mendirikan perwakilan diplomatik dan perdagangan di Afghanistan. Sudah pada abad kesembilan belas tidak ada hal seperti wilayah netral. Seluruh dunia sekarang lapangan bermain raksasa untuk kekuatan industri besar, dan Eurasia adalah pusat lapangan ini.

Kudeta tahun 1953 di Iran adalah langkah kunci dalam apa yang saya sebut sebagai Permainan Besar II, kekuatan imperialis, sekarang bersatu dalam Perang Dingin melawan sosialisme dan pembebasan dunia ketiga, yang masuk ke gigi tinggi setelah Perang Dunia II. Sebagai Permainan Besar II dimulai, pasukan Soviet dan Inggris masih menduduki Iran. elemen pro-Soviet mencoba merebut kekuasaan di Soviet yang diduduki utara dan Uni Soviet berharap bahwa gerakan ini akan menyebar dan membawa Iran ke kamp anti-kolonial. Pemerintah Azerbaijan Rakyat dan Republik Kurdistan dinyatakan pada akhir 1945, namun runtuh ketika pasukan Soviet mundur pada tahun 1946.

Komunis (Partai Tudeh) tewas, namun Perdana Menteri Front Nasional Mohammad Mossadegh mengambil daun dari buku mereka dan dinasionalisasi Perusahaan Minyak Anglo-Iran tahun 1951.

Pemerintah Partai Buruh Inggris, mengkhianati prinsip-prinsip sosialis, menuntut Permainan Besar I-gaya kapal perang diplomasi - kudeta untuk menggulingkan perdana menteri yang terpilih secara demokratis. Menteri Inggris pertahanan Emanuel Shinwell memperingatkan bahwa jika tindakan keras tidak diambil, "Mesir dan negara-negara Timur Tengah lainnya akan didorong untuk berpikir mereka bisa mencoba hal-hal pada; hal berikutnya mungkin upaya untuk menasionalisasi Terusan Suez. "

CIA memveto rencana, dan sebaliknya, terorganisir dan dibayar anti-Mossadegh demonstran dan preman jalanan kerusuhan, menjarah dan membakar masjid dan surat kabar di Teheran, meninggalkan hampir 300 orang. Tim CIA, dipimpin oleh pensiunan jenderal militer dan mantan menteri dalam negeri Mossadegh Fazlollah Zahedi, mengerahkan beberapa resimen pro-Shah tank menyerbu ibukota dan menangkap Mossadegh dengan dalih bahwa ia adalah seorang komunis. Mossadegh adalah antikomunis diakui, dan dengan demikian, tidak seperti Kuba Castor beberapa tahun kemudian, tidak mampu dan tidak mau beralih ke Uni Soviet untuk bantuan.

AS dan Inggris diinstal ulang Shah junior sekarang benar-benar didiskreditkan, yang patuh melanjutkan proses sekularisasi dimulai oleh ayahnya, dan mulai menjalankan Iran sebagai taat, neocolony sekuler AS, meninggalkan upaya ayahnya untuk mempertahankan jumlah sedikit kemerdekaan dengan memainkan off kekuasaan kekaisaran terhadap satu sama lain.

Kelemahan Inggris tidak luput dari perhatian Kolonel Abdel-Nasser, yang memaksa mereka keluar dari Mesir pada tahun 1954 dan menasionalisasi Terusan Suez pada tahun 1956, dalam kemenangan langka bagi pemain pinggiran di Great Permainan II. Didorong oleh 'sukses' mereka di Iran, Perdana Menteri Inggris Anthony Eden percaya bahwa serangan Inggris-Perancis-Israel di Mesir tidak hanya akan menghapus Nasser, kembali kanal, tetapi juga akan memperkuat posisi Inggris vis-à-vis Inggris Serikat.

Pada awal tahun 1954, Eden telah mengeluh bahwa Amerika "ingin mengganti kita di Mesir," memang, "mereka ingin menjalankan dunia." The tipu muslihat-Israel bertindak sendiri dengan Inggris dan Perancis datang untuk menengahi-tertipu tidak ada dan administrasi Eisenhower memaksa penarikan memalukan semua pihak, termasuk-untuk pertama dan terakhir kalinya-Israel. Inggris sekali lagi harus tunduk pada AS mendikte, menonton kekaisarannya terus menyelinap pergi.

Jadi kudeta di Iran tetap pusat untuk imperialisme baru. Itu wajar bahwa kedutaan besar AS di Teheran menjadi "sarang mata-mata", seperti yang telah dijuluki sejak saat itu, 'kontrol misi pusat' untuk semua kegiatan spionase AS di dunia Muslim. Shah adalah sekutu AS paling dapat diandalkan di dunia Muslim, bersama dengan Turki Kemal Ataturk satu-satunya pemimpin Muslim yang diakui Israel.


Apakah US manfaat dari kudeta?

Dengan mengembalikan Shah dan menggulingkan Perdana Menteri terpilih pada tahun 1953, AS berharap untuk menggunakan Iran sebagai peringatan ke negara-negara lain di kawasan untuk mematuhi 'aturan main'. Tapi kudeta itu tidak sukses luar biasa, seperti kejadian setelah di Mesir pada tahun 1956 dan Kuba pada tahun 1959 menunjukkan. CIA sendiri sadar bahwa perjuangan di Iran masih jauh dari selesai. Kudeta dalang, CIA mata-mata Donald Wilber, kemudian menulis bahwa AS benar-benar membenci Shah, bahwa kudeta itu buruk dikelola dan akan kembali menghantui CIA di Kuba.

Pada saat yang sama tepat di sebelah Iran, ada skema lain AS di gigi penuh: pendanaan pejuang Muslim dari seluruh dunia untuk berperang di Afghanistan, mengalahkan Uni Soviet.

kudeta terbayar dalam sekop bawah garis, yang berpuncak pada runtuhnya "New World Order" pidato Uni Soviet dan Bush sr di tahun 1991. Sayangnya itu juga menyebabkan 9/11 dan dunia krisis politik saat ini, dari yang tidak ada manfaat.


Seberapa penting adalah 28 Mordad kudeta sebagai tanda yang jelas dari permusuhan AS terhadap demokrasi populer dan orang-orang dari Iran?

Ini berdiri sebagai salah satu contoh terkenal paling abad ke-20 dari mengabaikan AS dan Barat untuk demokrasi rakyat sejati.

Pada saat yang sama, AS bisa menggunakan nya otot 'soft power' terhadap kekuatan demokratis pasca-Perang Dunia II Eropa. Mereka menyingkirkan melalui suap dari Rencana AS yang didanai Marshall, yang dirusak (diperas) pemerintah yang progresif, menjadi penarik garis.

Sebuah "Tirai Besi" itu menyatakan, mengisolasi negara-negara sosialis, meskipun Uni Soviet telah hancur dalam perang, dan telah melakukan sebagian besar pertempuran melawan fasis.

Adapun Iran, hal itu dibantah penggunaan minyak dan kekayaan lainnya untuk membantu rakyatnya. Sebaliknya, Shah membangun dunia fantasi yang kejam, menekan pemikiran Islam yang asli, antusias mendukung AS dan Israel, mengisolasi Iran dari sekutu alami di dunia Muslim.

Bisakah kita membandingkan Buruk kudeta di Turki untuk kudeta 1953 di Iran?

Logika kedua kudeta mengikuti logika kerajaan. Iran menempa jalur independen populer pada tahun 1953. Namun, Turki berpaling ke AS setelah Perang Dunia II, sebagai benteng pertahanan anti-komunisme, bergabung dengan NATO dan bekerja sama dengan imperialisme.

Turki di bawah Perdana Menteri Erdogan adalah, dalam hal penting, penempaan sebuah jalan yang benar-benar independen, mengkritik AS pada banyak masalah, menolak untuk memungkinkan invasi ke Irak dari Turki pada tahun 2003, menghadapi Israel selama pengepungan Gaza, bekerja dengan Rusia dan Iran di menyimpang dari US keinginan, mendukung Islamis asli di Mesir setelah Arab Spring 2011, awalnya vetoing invasi Libya dan Suriah.

Tapi sesuatu berubah pada tahun 2012. Erdogan turun posisi anti-NATO-nya, dirusak pemerintah Suriah, mendukung pemberontak Suriah berhasil, semakin didominasi oleh pengikut Wahabi yang berubah menjadi "Negara Islam Irak dan Levant".

The Wahhabi telah belajar dari penggunaan strategi mereka di AS 'soft power. Mereka membajak Islam untuk menarik Muslim muak dengan intrik imperialis. Radikal, pemuda sesat dari Barat dan Arab Saudi berbondong-bondong ke daerah yang dikuasai pemberontak di Suriah dan Irak. ISIL telah entah bagaimana berhasil menemukan pendanaan dan lengan, dan terus menjadi teror saat ini.

Erdogan menuai puting beliung sekarang. Dia melompat pada harimau kekaisaran dan datang dekat dengan kehilangan segalanya, seperti yang terjadi di Iran pada tahun 1953. kesalahan-Nya telah menggerogoti dirinya, dan sesama Islam-nya, pengikut Gulen, bersemangat untuk bekerja dengan unsur-unsur yang tidak puas di militer dan pasukan sekuler untuk menggulingkan perdana menteri keras kepala.

Jadi situasinya jauh kurang jelas - lebih penuh harapan - daripada di Iran pada tahun 1953. Erdogan memiliki kesempatan yang Mossadegh tidak diberikan. Jika ia bertindak tegas dan memperkuat aliansi dengan Iran dan Rusia sebelum terlambat, ia dapat menyimpan demokrasi Islamnya.

Tetapi jika ia memilih untuk menjadi hamba yang taat AS dan Eropa, ini akan menyebabkan hasil yang sama seperti jika kudeta itu berhasil, seperti yang terjadi dengan kembalinya lebih dramatis dari Shah Iran pada tahun 1953. Soft power selalu lebih untuk 'hard power'.

Jadi kita harus menunggu perkembangan lebih lanjut di Turki sebelum menilai hasil kudeta. Akan Erdogan berdiri teguh pada prinsip-prinsip-Nya, seperti Castro, Chavez, Morales, atau, dalam hal ini, Putin? Atau akan ia melayang kembali ke flip NATO, membiarkan kemenangan pasukan kudeta?


Ayatollah Khamenei percaya bahwa di Republik Islam Iran, meluncurkan kudeta adalah sia-sia, mengingat kain Republik Islam. Kenapa gitu?

Iran terus berjuang di bawah upaya intensif oleh kaum imperialis untuk menumbangkan itu, tapi revolusi Islam 1979 telah bertahan melalui kepemimpinan tegas. Pertama di bawah Ayatollah Khomeini dan, sejak tahun 1989, Ayatollah Khameini. Hal ini terus berkembang secara ekonomi dan budaya, meskipun permusuhan kekaisaran. Hal ini berkat kebenaran Islam, iman yang kokoh Iran. Itu saja dapat menjaga Iran dari cengkeraman kekaisaran.

(Khamenei/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Sabtu, 20 Agustus 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Analis: Tahun 1953 Kudeta di Iran Adalah Pusat Untuk Imperialisme Baru. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/08/analis-tahun-1953-kudeta-di-iran-adalah.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS