Gafatar Ternyata Sempat Menjadi Ormas Resmi di DIY

Formulir untuk bergabung pada organisasi Gafatar (ilustrasi)

Meski Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) merupakan aliran sesat karena merupakan perubahan dari aliran Alqiyadah Al Islamiyah, namun Gafatar di DIY ternyata sempat terdaftar secara resmi sebagai organisasi masyaraka (Ormas) di Kantor Kesbanglinmas Pemda DIY.

Kepala Kesbanglinmas DIY, Agung Supriyono mengatakan, organisasi Gafatar di DIY sudah terdaftar secara resmi di Pemda DIY sejak 2010 lalu. "Bahkan, organisasi ini juga memiliki kantor sekretariat di masing-masing kabupaten/kota hingga kecamatan di DIY," katanya, Selasa (12/1).

Menurut Agung, organisasi ini mampu memenuhi semua syarat administrasi saat pengajuan surat keterangan terdaftar (SKT) ke pihaknya. Dan syarat ini dinyatakan lolos. Bahkan, kata dia, tim dari berbagai unsur yang memverifikasinya juga menyatakan lolos.

Organsasi ini juga dinyatakan memenuhi asas pancasila, UUD 1945, dan aturan perundangan lainnya. "Saat itu memang memenuhi syarat yang ada," katanya.

Namun, kata Agung, dalam perjalanannya organisasi ini mengalami perubahan. Dan perubahan tersebut tidka dilaporkan ke pihaknya. Bahkan, setelah terbitnya Undang-Undang Nomor 17 tahun 2013 tentang Ormas, organisasi ini juga tidak melakukan pembaharuan syarat administrasi.

Terkait hal itu, Kesbaanglinmas sendiri berencana akan membubarkan organisasi tersebut karena tidak melakukaan pembaharuan syarat administrasi. Namun, kantor sekretariatnya sudah tidak ditemukan lagi. Karenanya, Kesbanglinmas DIY saat ini akan melakukan penelusuran anggota organisasi tersebut. Pihaknya meminta bantuan beberapa pihak untuk penelusuran tersebut termasuk Polda DIY.

(Republika/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Selasa, 12 Januari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Gafatar Ternyata Sempat Menjadi Ormas Resmi di DIY. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/01/gafatar-ternyata-sempat-menjadi-ormas.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS