Kenapa Sudan Memilih Saudi Dibandingkan Iran? Berikut Ulasannya

Presiden Sudan Omar el-Basyir (Foto: AP)

Tak lama setelah Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran, Sudan juga melakukan langkah yang sama. Sudan mengumumkan telah memangkas hubungannya dengan Iran.

Banyak pihak bertanya-tanya, apa yang menjadi alasan Sudan memilih Riyadh dibandingkan Teheran? Padahal sebelumnya hubungan Iran dan Sudan terbilang harmonis sejak 1989.

Analis Sudan mengatakan, Khartoum haus dengan investasi dari Saudi. Sementara Saudi menjanjikan balasan ekonomi. Menurut Profesor Politik dari Universitas Khartoum Al-Tayeb Zein al-Abidine langkah Sudan lebih bersifat pragmatis. Hal ini mengingat kondisi ekonomi negara Afrika itu yang sedang terpukul.

"Pemerintah (Sudan) menyadari mereka sangat terisolasi, bahkan di antara negara Arab, dan mereka memutuskan berganti posisi," ujarnya seperti dikutip the Guardian.

Analis independen Magdi El Gizouli mengatakan hubungan Sudan dengan Riyadh lebih karena kenyamanan. "Saya tidak melihat ada hubungan komitmen ideologi," ujarnya.

(The-Guardian/Republika/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Selasa, 12 Januari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Kenapa Sudan Memilih Saudi Dibandingkan Iran? Berikut Ulasannya. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/01/kenapa-sudan-memilih-saudi-dibandingkan.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS