Tidak Percaya Barat, Iran Berupaya Dekati China


Dalam pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping Sabtu (23/1) Pemimpin Besar Iran Ayatollah Khamenei mengatakan bahwa Iran sedang berupaya memperluas hubungan dengan “negara-negara yang lebih independen” seperti China karena “Iran tidak pernah percaya pada Barat."

Xi Jinping adalah kepala negara pertama, dari kelompok enam negara yang merundingkan perjanjian nuklir bersejarah untuk mencabut sanksi-sanksi ekonomi terhadap Iran, yang bertemu dengan Khamenei.

Pemimpin China itu tiba di Iran Jumat malam (22/1) dalam lawatannya ke Timur Tengah.

Sebelumnya Xi Jinping bertemu dengan Presiden Hassan Rouhani di kediaman presiden, di mana kedua pemimpin menyaksikan penandatanganan 17 perjanjian guna memperluas kerjasama ekonomi dan diplomatik.

Kedua negara juga setuju untuk mendorong perjanjian kedua negara.

“Hari ini kami membahas hubungan strategis antar kedua negara, aturan hukum dan penandatanganan 25 dokumen komprehensif, serta meningkatkan hubungan bilateral dalam 10 tahun mendatang. Kami memutuskan untuk meningkatkan hubungan perdagangan hingga 600 milyar dolar," ujar Rouhani.

Xi Jinping, presiden pertama China yang melakukan lawatan ke Iran dalam 14 tahun terakhir ini, mengatakan kedua pihak sepakat membentuk kemitraan komprehensif strategis.

(Oke-Zone/Shabestan/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Minggu, 24 Januari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Tidak Percaya Barat, Iran Berupaya Dekati China. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/01/tidak-percaya-barat-iran-berupaya.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS