Iran dan Afghanistan Sepakati Kontrak 100 Juta Dolar


Hubungan luar negeri Iran di masa kini memulai sebuah babak baru dan kita menyaksikan sebuah perkembangan yang sangat signifikan.

Hubungan ekonomi dan perniagaan Iran dan negara-negara Eropa juga mengalami perkembangan yang menakjubkan.

Negara-negara kawasan Timur Tengah pun tidak mau tertinggal kafilah. Salah satu dari negara-negara ini adalah Afghanistan.

Menurut rencana, Afghanistan dan Iran dalam bulan ini akan menandatangani sebuah kontrak kerja sama senilai 100 juta dolar.

Bursa perniagaan antara Iran dan Afghanistan diprediksikan bernilai lebih dari 900 juta dolar. Menurut data statsitik yang berkembang, impor Afghanistan bernilai sekitar 3 milyar dolar. Nilai ini membentuk 40 persen dari seluruh impor Afghanistan.

Impor Afghanistan dari Iran meliputi barang-barang konsumen seperti bahan-bahan cuci, bahan bangunan, bahan bakar, obat-obatan, kerajinan kayu, dan plastik. Sedangkan ekspor Afghanistan untuk Iran meliputi produk pertanian, buah-buahan basah dan kering, sayur-sayuran, obat-obatan herbal, dan za‘faran.

Pada tahun lalu, kontrak kerja sama yang ditandatangani oleh Iran dan Afghanistan bernilai sebesar 50 juta dolar. Tahun ini, menurut rencana, nilai ini akan ditingkatkan menjadi 100 juta dolar.

Untuk itu, menurut koran Etemad, kehadiran 500 perusahaan Iran di Afghanistan dan 1.000 perusahaan Afghanistan di Iran membuktikan adanya lahan kerja sama yang ideal untuk kedua negara.

(Tasnim/Shabestan/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Jumat, 01 Januari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Iran dan Afghanistan Sepakati Kontrak 100 Juta Dolar. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/01/iran-dan-afghanistan-sepakati-kontrak.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS