Iran dan Turki Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi


Pencabutan embargo Barat atas ekonomi Iran telah menciptakan kesempatan bagi negara-negara tetangga untuk memperluas hubungan ekonomi dengan Tehran.

Turki termasuk salah satu partner ekonomi Iran selama masa embargo. Tentu, lantaran Ankara terikat dengan undang-undang PBB, Iran telah memanfaatkan kesempatan dengan baik.

Ekonomi Iran dan Turki saling bisa menyempurnakan. Menurut sebuah kesepakatan perdagangan, kedua negara akan meningkatkan perniagaan hingga angka 30 milyar dolar sampai tahun 2035 mendatang. Angka ini adalah dua kali lipat angka yang ada sekarang ini.

Perniagaan Iran dan Turki pada tahun 2012 berada pada angka 22 milyar dolar. Akan tetapi, setelah harga minyak menurun drastis pada tahun 2015 lalu, angka ini menurun hingga 14 milyar dolar.

Menurut Menteri Ekonomi Turki, pencabutan embargo ilegal Barat atas Iran adalah sebuah kesempatan emas bagi industri Turki untuk menemukan posisi di pasar Iran.

Jalur Turki untuk para saudagar Iran yang ingin melakukan ekspor ke Eropa adalah jalur darat yang paling pendek.

Sekalipun memiliki banyak perbedaan sikap dan pandangan dalam beberapa kasus seperti masa depan Yaman dan Suriah serta kemerdekaan Iraq, Ankara dan Tehran masih bisa beraktifitas bersama sebagai dua partner yang baik.

Jangan kita lupakan, hubungan baik dengan tetangga adalah masalah paling utama dalam kebijakan luar negeri sebuah negara.

(Arab-Trade/ShabestanABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Kamis, 04 Februari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Iran dan Turki Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/02/iran-dan-turki-tingkatkan-kerja-sama.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS