Maroko tolak jadi tuan rumah KTT Liga Arab

Kota wisata Marrakesh di Maroko, dijadwalkan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Liga Arab ke-27 pada 7 April 2016. (Foto: holidaypirates.com)

Riyadh membatalkan bantuan US$ 3 miliar kepada angkatan darat Libanon sebab Beirut tidak mengutuk penyerangan atas Kedutaan Saudi di Teheran oleh para pengunjuk rasa bulan lalu.

Maroko telah memutuskan menolak menjadi tuan rumah dalam pertemuan tahunan Konferensi Tingkat Tinggi Liga Arab. Mereka beralasan pertemuan rutin itu tidak mencerminkan adanya persatuan di antara 22 negara anggota.

KTT Liga Arab ke-27 itu tadinya dijadwalkan digelar pada 29 Maret di kota wisata Marrakesh, namun ditunda menjadi 7 April atas permintaan Arab Saudi.

“Lantaran kurangnya keputusan penting dan inisiatif kongkret untuk diajukan kepada kepala-kepala negara, pertemuan ini hanya sekadar rutinitas untuk mengesahkan resolusi biasa dan perhelatan pidato menggambarkan persatuan semu,” kata Kementerian Luar Negeri Maroko lewat pernyataan tertulis.

Kementerian itu menambahkan sekali lagi para pemimpin Arab tidak bisa membatasi diri untuk menganalisa perbedaan dan memberi respon menentukan.

Arab Saudi kemarin membatalkan paket bantuan senilai US$ 3 miliar kepada angkatan darat Libanon. Sebab, menurut seorang pejabat, Beirut tidak mengutuk penyerangan atas kedutaan besar negara Kabah itu di Ibu Kota Teheran, Iran, oleh para pengunjuk rasa bulan lalu.

Kawasan Timur Tengah telah menjadi arena perebutan pengaruh antara dua negara, yakni Arab Saudi dan Iran. Kedua musuh bebuyutan ini menyokong dua faksi berlainan dalam perang di Yaman dan Suriah. 

(Al-Balad/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Sabtu, 20 Februari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Maroko tolak jadi tuan rumah KTT Liga Arab. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/02/maroko-tolak-jadi-tuan-rumah-ktt-liga.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS