Turki dan Israel di Ambang Pintu Perdamaian


Tersebar berita bahwa Ankara dan Tel Aviv akan berdamai kembali setelah 6 tahun putus hubungan.

Pada tahun tahun, 2010 lalu, Israel menyerang kapal Marmara dan membunuh 10 orang warga Turki. Sebagai reaksi atas tindakan ini lantaran Israel menolak meminta maaf, Ankara memutus kerja sama dengan Tel Aviv dan mengusir dubes rezim ini dari Ankara.

Setelah 6 tahun berlalu dan petinggi kedua negara sering mengadakan pertemuan di Swiss, sepertinya kedua rezim ini telah mendekati perdamaian.

Menurut pengakuan jubir Partai Keadilan dan Pembangunan Turki sebagai partai berkuasa, Umar Chelik, kesepakatan telah dicapai dan kesepahaman bisa ditandatangani.

Sekalipun demikian, menurut penasihat Benjamin Netanyahu yang berkunjung ke Turki guna memperlicin perdamaian tersebut, hubungan perdagangan antara Tel Aviv dan Ankara tidak terpengaruh oleh hubungan diplomatik kedua negara.

Menurutnya, dalam kondisi yang paling sulit sekalipun, perdagangan antara Israel dan Turki tetap berjalan.

Menurut para pengamat politik, kesepakatan Turki dan Israel ini bisa menuntaskan masalah yang selama ini menghantui kedua belah pihak, dan tentu, juga dapat mengirimkan gas Israel ke Turki.

(Press-TV/Shabestan/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Sabtu, 20 Februari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Turki dan Israel di Ambang Pintu Perdamaian. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/02/turki-dan-israel-di-ambang-pintu.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS