ISIS Mengaku Dalang Ledakan Bom Kairo


Kelompok teroris Wilayat Sinai yang merupakan bagian dari jaringan teroris ISIS mengaku sebagai pelaku peledakan bom di Kairo kemarin.

Kemarin sore saat polisi-polisi Mesir tengah menggeledah sebuah gedung apartemen yang dicurigai sebagai sarang teroris di Kairo, tiba-tiba gedung meledak. Setidaknya sembilan orang termasuk polisi tewas dalam ledakan tersebut.

Wilayat Sinai dalam pesan yang mereka sampaikan melalui internet mengaku telah memasang bom di gedung itu dan meledakkannya saat polisi sedang menggeledah.

Koran-koran setempat memberitakan bahwa dua dari sembilan korban adalah polisi dan selebihnya adalah warga sipil. Selain korban jiwa, puluhan warga lainnya juga luka-luka.

Sejak dua tahun terakhir kelompok teroris Wilayat Sinai telah menewaskan ratusan tentara dan polisi di Mesir. Meskipun pihak polisi dan militer Mesir juga berhasil memberantas ratusan teroris.

*****


Gedung keamanan negara Mesir rusak akibat ledakan bom mobil (Foto: Nydailynews)

Kelompok yang berafiliasi dengan ISIS mengaku sebagai dalang dari serangan bom mobil yang menghantam gedung pengadilan dan gedung keamanan di Kairo, Mesir. Sebanyak 29 orang terluka akibat serangan itu.

Pernyataan itu dikeluarkan oleh kelompok kemerdekaan Sinai di akun twitter mereka. Mereka mengatakan, pemboman itu adalah balasan atas pelaksanaan eksekusi enam anggotanya karena melakukan serangan di wilayah utara ibukota Mesir pada tahun lalu.

"Biarkan polisi dan tentara, kelompok yahudi, tahu jika kita adalah orang-orang tidak akan pernah lupa untuk membalas dendam," bunyi pernyataan kelompok itu seperti dilansir oleh Reuters, Kamis (20/8/2015).

Beberapa komentar di twitter menunjukan jika aksi pemboman dilakukan di sejumlah titik di ibukota Mesir. Ledakan bom mobil itu sendiri menghasilkan kerusakan yang parah di gedung keamanan. Menurut sumber-sumber keamanan yang mendatangi lokasi ledakan di Shubra al-Khaima dekat Kairo menemukan sisa-sisa kendaraan yang terbakar habis dan sebuah kawah ledakan.

Sebelumnya, pemerintah Mesir pada bulan Mei lalu telah mengeksekusi enam anggota kemerdekaan Sinai yang menyerang tentara di dekat Kairo pada tahun 2014. Orang-orang itu dihukm atas tuduhan termasuk melakukan serangan yang menewaskan dua perwira di desaArab Sharkas, utara Kairo.

Milisi kemerdekaan Sinai telah berikrar setia kepada kelompok ISIS yang telah menguasai sejumlah bagian di Irak dan Suriah. Mereka juga tumbuh di Libya, dan terbukti mampu memberikan perlawanan terhadap militer setempat.

(Reuters/Shabestan/Sindo-News/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Sabtu, 23 Januari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul ISIS Mengaku Dalang Ledakan Bom Kairo. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/01/isis-mengaku-dalang-ledakan-bom-kairo.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS