Masjid Rig di Kalbu Padang Pasir


Rezvansyahr adalah salah satu kota di Propinsi Yazd, Republik Islam Iran. Kota ini memiliki sejarah yang sudah berusia dua ribu tahun dengan luas 150 kilometer persegi dan hampir 10 ribu orang penduduk. Rezvansyahr terletak sejauh 25 kilometer dari kota Yazd.

Salah peninggalan bersejarah di Rezvansyahr adalah Masjid Rig. Rig berarti pasir. Masjidi ini dibangun pada abad 8 Hijriah. Lantaran beberapa peristiwa, masjid ini pernah tertimbun pasir dan beberapa tahun lalu muncul kembali ke permukaan. Sekeliling masjid masih dipenuhi padang pasir.

Masjid Rig adalah simbol arsitektur tradisional dan Islam yang memiliki banyak kuburan yang dihiasi dengan keramik-keramik kala itu.

Masjid Rig dibangun dengan arsitektur Syiah. Dokumen ini adalah bukti bahwa Mazhab Syiah pernah bercokol di kawasan ini sebelum Syiah dijadikan sebagai mazhab resmi di Iran.

Struktur arsitektur dan pilar-pilar besar Masjid Rig menghikayatkan keagungan Rezvansyahr pada masa lalu.

Dinasti Shafawiyah menyatakan Syiah sebagai mazhab resmi Iran pada tahun 909 Hijriah. Masjid Rig telah dibangun satu abad sebelum itu. Tanda-tanda keberadaan Syiah inilah yang menarik perhatian para sejarawan untuk menggali masjid lebih lanjut.

Salah satu kuburan yang ada di area Masjid Rig adalah makam Haji Jamaluddin Mahmud bin Haji Kamaluddin Husain bin Jalaluddin Mahmud dengan ukuran 68 × 220 cm dan ketinggian 55 cm. Keramik penutup makam ini bertuliskan nama suci dua belas imam maksum Ahlul Bait as, ayat Kursi, dan kalimat tauhid.

(Shabestan/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Sabtu, 23 Januari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Masjid Rig di Kalbu Padang Pasir. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/01/masjid-rig-di-kalbu-padang-pasir.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS