Perbankan Iran Kembali Bergabung dengan SWIFT


Embargo ilegal Barat atas Iran telah dicabut setelah perundingan alot yang berlangsung selama berbulan-bulan.

Pencabutan embargo ilegal ini telah membuka jalan perniagaan Iran dengan seluruh dunia dan juga memungkinkan sistem perbankan Iran kembali bergabung dengan SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication). Selama periode embargo, Bank Sentral Iran dihapus dari keanggotaan SWIFT dan sekarang harus mendaftar kembali untuk menjadi anggota baru.

Dengan demikian, seluruh bentuk transaksi valuta asing bisa dilaksanakan kembali tanpa halangan apapun.

SWIFT adalah sebuah asosiasi finansial swasta yang dibentuk oleh 239 bank dari 15 negara Eropa dan Amerika Utara pada tahun 1973. Tujuan utama pembentukan asosiasi ini adalah menggantikan model transaksi nonstandar kertas dengan metode standar dunia. Markas SWIFT berada di Belgia dan beraktifitas sesuai dengan undang-undang yang berlaku di negara ini. Amerika, Belanda, Inggris, dan Hongkong aktif sebagai pusat-pusat negara pendukung.

Di setiap negara, SWIFT memiliki SAP. Yakni jalur akses ke SWIFT. Di Iran, SAP ini berada di Bank Sentral Iran. Sistem SWIFT ini digunakan untuk menerima dan mengirim pesan valuta asing antar bank di dalam dan luar negeri. Sekarang ini, seluruh bank Iran tersambung ke SAP ini melalui satelit dan mengirimkan pesan ke seluruh bank dimaksud melalui pesan-pesan satelit.

(Shabestan/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Sabtu, 23 Januari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Perbankan Iran Kembali Bergabung dengan SWIFT. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/01/perbankan-iran-kembali-bergabung-dengan.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS