Presiden China Kunjungi Iran, Pertama Kalinya Selama 14 Tahun Terakhir

Presiden China Xi Jinping

Presiden China Xi Jinping tiba di Teheran untuk kunjungannya selama dua hari untuk mengadakan pembicaraan dengan para pejabat Iran mengenai peluang dalam mengembangkan kerjasama di bidang politik dan perdagangan.

Setibanya di Mehrabad Airport Teheran pada hari Jumat (22/1/16), Xi disambut oleh Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif.

Wakil Menteri Luar Negeri Iran untuk Asia dan Pasifik Ebrahim Rahimpour mengatakan bahwa kunjungan Xi yang memimpin delegasi tingkat tinggi politik-ekonomi, datang atas undangan presiden Iran, Hassan Rouhani.

Selama kunjungannya, Xi dijadwalkan akan mengadakan pembicaraan dengan Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei dan Presiden Rouhani, tambahnya.

Rahimpour mencatat bahwa kunjungan ini akan menjadi yang pertama seorang presiden Cina ke Iran selama 14 tahun terakhir.

Dia mengatakan Iran dan China akan menandatangani 17 dokumen kerja sama di bidang ekonomi, industri, budaya dan peradilan di depan kedua presiden.

Perjalanan presiden China ke Teheran adalah mengakhiri kunjungan tugasnya setelah sebelumnya ke Arab Saudi dan Mesir.

Nilai pertukaran perdagangan antara Teheran dan Beijing mencapai sekitar 52 miliar dolar pada 2014. Namun, angka tersebut turun pada tahun 2015 karena penurunan harga minyak. []

(Mahdi-News/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Sabtu, 23 Januari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Presiden China Kunjungi Iran, Pertama Kalinya Selama 14 Tahun Terakhir. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/01/presiden-china-kunjungi-iran-pertama.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS