Gas Iran akan Dikirim ke Oman


Iran dan Oman telah menuntaskan perundingan untuk mengirimkan gas melalui Teluk Persia.

Tehran dan Muscat sebelum ini telah saling bertukar delegasi untuk membicarakan proses pengiriman gas dan energi melalui Teluk Persia.

Menurut kesepakatan, empat jalur opsi telah ditentukan untuk pengiriman energi Iran ke Oman. Setelah dilakukan evaluasi ulang, empat jalur ini pun akhirnya ditetapkan pasti.

Tehran dan Muscat memang memiliki hubungan politik yang sangat dekat. Untuk itu, perusahaan mobil Iran pun telah mengambil keputusan untuk menjelajah pasar Oman.

Jalur pipa gas dari Iran ke Oman berukuran sepanjang 175 kilometer dan akan dipasang pada kedalaman 290 meter di bawah air.

Memang hingga kini belum dipastikan perusahaan mana yang akan melakukan pengiriman gas ini ke Oman. Akan tetapi, Iran telah melakukan evaluasi final sehubungan dengan masalah ini.

Korea Selatan termasuk salah satu opsi kerja sama energi yang diminati oleh Oman dan Iran. Seoul pasti akan memainkan peran sehubungan dengan kerja sama ini.

Sebelum ini, Iran dan Oman telah menggapai kesepakatan penjualan gas sebesar 3 juta meter persegi setiap hari. Selain melalui jalur pipa, sebagian gas Iran yang akan dikirim ke Oman akan berbentuk LNG.

Sebagian negara Teluk Persia termasuk Qatar telah menyatakan penentangan terhadap kesepakatan tersebut, karena negara ini termasuk salah satu pemain utama gas Teluk Persia selama periode embargo Barat atas Iran.

(Muscat-Daily/Shabestan/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Selasa, 05 April 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Gas Iran akan Dikirim ke Oman. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/04/gas-iran-akan-dikirim-ke-oman.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS