IAEA Akui Iran Tetap Komitmen JCPOA


Yukiya Amano, Sekjen Badan Energi Atom Internasional (IAEA), mengakui, Iran telah menjalankan lebih dari kewajiban yang telah tertuang secara resmi dalam kesepakatan dengan badan ini.

Pengakuan ini disampaikan oleh Amano dalam pertemuan dengan kelompok 3+3 dan Uni Eropa yang diselenggarakan oleh Barack Obama, Persiden Amerika Serikat.

Amano menekankan bahwa Iran sekarang sedang berada dalam kontrol ketat untuk menguji kejujuran mereka dalam bidang nuklir.

Amano mengaku di hadapan Uni Eropa dan kelompok 3+3 bahwa IAEA memiliki keahlian yang bisa diandalkan dalam melakukan kontrol kejujuran terhadap sebuah negara. “Kami sebagai mata dan telinga dunia siap memberikan jaminan,” tukasnya.

Pada kelanjutan uraian, Amano meminta kepada kelompok 3+3 dan Uni Eropa untuk melanjutkan kucuran dana guna senantiasa mengawasi kesepakatan nuklir dan JCPOA yang telah dicapai dengan Iran.

Dari sejak tiga bulan lalu, Republik Islam Iran telah melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai JCPOA. Menurut pengakuan IAEA selama ini, Tehran selama ini tidak pernah melakukan penyelewengan dari program yang telah disepakati bersama.

(Shabestan/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Selasa, 05 April 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul IAEA Akui Iran Tetap Komitmen JCPOA. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/04/iaea-akui-iran-tetap-komitmen-jcpoa.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS