Jantung Minyak Iran Berdetak Kuat di Pasar Dunia


Minyak termasuk produk terpenting Republik Islam Iran. Pada tahun 2001, Iran adalah negara penghasil minyak mentah keempat dunia.

Menurut prediksi majalah minyak dan gaz Iran, hingga Januari 2011 lalu, Iran masih memiliki cadangan minyak sebesar sekitar 123 milyar barel yang merupakan 10 persen dari cadangan minyak di seluruh dunia. Lebih dari itu, Negeri Mulla ini juga memiliki cadangan gaz natural sebanyak 1.045 triliun meter kubik yang merupakan 16 persen dari seluruh cadangan gaz dunia.

Pada era embargo ilegal Barat pun, Iran masih mampu memproduksi minyak untuk ekspor ke pasar dunia. Setelah embargo dicabut, Iran berhasil meningkatkan produksi minyak mentah. Menurut Fars News, pada tahun 2016 ini, Iran memproduksi sebesar 300.000 barel per hari. Untuk tahun mendatang, angka ini akan ditingkatkan menjadi 500.000 barel per hari. Sekarang, Iran masih memiliki cadangan minyak yang sudah ditempatkan di tanker-tanker dekat pantai sebanyak antara 30 hingga 50 juta barel.

Sekarang, seluruh lahan sudah tersedia untuk kehadiran minyak Iran di pasar dunia. Permintaan sebagian negara supaya Iran membatasi produksi minyak tidak digubris Tehran.

(Shabestan/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Kamis, 28 Januari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Jantung Minyak Iran Berdetak Kuat di Pasar Dunia. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/01/jantung-minyak-iran-berdetak-kuat-di.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS