Ulama Saudi bilang Bumi tidak berputar

Syekh Bandar al-Khaibari.(Foto: english.alarabiya.net)

“Bumi itu diam dan tidak bergerak,” kata Syekh Bandar al-Khaibari menjawab pertanyaan seorang pelajar.

Ulama Arab Saudi kembali berulah. Kali ini giliran Syekh Bandar al-Khaibari. Dia menolak teori menyatakan Bumi berputar pada porosnya (rotasi) dan mengelilingi matahari (revolusi).

“Bumi itu diam dan tidak bergerak,” kata Syekh Bandar menjawab pertanyaan seorang pelajar. Selain menggunakan dalil-dalil agama dan mengutip sejumlah pernyataan ulama, dia juga memberi contoh.

Dia mengangkat satu gelas air kemasan diibaratkan sebagai Bumi. Dia bilang kalau Bumi berputar dan pesawat dari Bandar Udara Syarjah, Arab Saudi, terbang menuju Cina berhenti di udara maka wilayah Cina bakal menghampiri. Namun bila Bumi berputar ke arah sebaliknya, pesawat itu tidak akan pernah tiba di Cina.

Komentar bahlul ulama Saudi ini mendapat cibiran di media-media sosial di Arab Saudi. Sampai-sampai di twitter ada tanda pagar #Ulama_tolak_perputaran_Bumi.

Kebetulannya lagi, komentar bodoh diucapkan Syekh Bandar bertepatan dengan ulang tahun Galileo Galilei, dilahirkan pada 15 Februari 1564.

Gara-gara teori bikinannya menyebut Bumi berputar, pihak gereja menyebut Galilei meyakini hal-hal klenik. Di masa itu banyak orang percaya Bumi diam dan menjadi pusat alam semesta. Galilei juga menyokong teori Copernicus menyebut Bumi dan planet-planet lain mengelilingi matahari.

(Al-Balad/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Kamis, 28 Januari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Ulama Saudi bilang Bumi tidak berputar. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/01/ulama-saudi-bilang-bumi-tidak-berputar.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS