Perdana Menteri Yunani di Iran


Dalam acara kunjungan ke Iran, hari ini Alexis Tsipras mengadakan pertemuan dengan para petinggi Republik Islam Iran.

Setelah melakukan pembicaraan bilateral, Ishaq Jahan-giri Wapres Iran dan Tsipras menandatangai kesepakatan pengembangan kerja sama bilateral dan politik serta kesepakatan penghapusan visa Yunani dan Iran.

“Kunjungan Perdana Menteri Yunani ke Iran adalah titik tolak hubungan ekonomi, politik, dan kebudayaan kedua negara,” ujar Jahan-giri dalam sebuah jumpa pers bersama hari ini.

Dalam pertemuan dengan PM Yunani, lanjut Jahan-giri, kerja sama di bidang energi, penjualan minyak, gaz, petrokimia, transportasi laut, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan telah dibicarakan bersama.

Problem perbankan juga dibahas dalam pertemuan kedua petinggi negara ini. Dengan ini, tingkat hubungan ekonomi kedua negara sangat bisa ditingkatkan.

Isu terorisme dan radikalisme juga menjadi acuan dialog antara PM Yunani dan Jahan-giri. Teririsme ini telah menjadi ancaman bagi keamanan dunia.

Tsipras juga menyatakan, pertemuan ini bisa membuka jalan untuk hubungan antara dua bangsa Iran dan Yunani. “Bangsa Iran dan Yunani memiliki banyak kesamaan dengan peradaban ribuan tahun. Kita adalah dua bangsa yang telah belajar berjuang untuk kemerdekaan dan kemuliaan,” ujarnya.

Tsipras menilai bahwa kerja sama dengan Iran bersifat strategis. Sekarang setelah masa stagnansi panjang selama ini, kedua bangsa telah menemukan kesempatan untuk mengambil langkah menuju masa depan.

(Shabestan/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Selasa, 09 Februari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Perdana Menteri Yunani di Iran. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/02/perdana-menteri-yunani-di-iran.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS